sekolah lapang

sekolah lapang

Kamis, 31 Maret 2011

Memulai Pembelajaran di Kecamatan Banyuurip

Tanggal 15-17 maret 2010 beberapa teman petani Desa Popongan kecamatan Banyuurip mengadakan pembelajaran ekologi tanah. sebelum pembelajaran ini mereka sudah mulai membuat kompos di bekas gedung sekolah dasar yang tidak terpakai lagi. Kompos ini kemudian digunakan untuk ujicoba praktek SRI, ada 4 orang petani mempraktekkan SRI di lahan mereka sendiri.


Pembelajaran kedua yang direncanakan berlangsung 3 hari akhirnya berlangsung sampai 4 hari yakni pada tanggal 9-12 Februari 2011. Pembelajaran ini diikuti sekitar 30 petani dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Banyuurip, sedangkan pembelajaran diselenggarakan oleh Kelompok Tani Widodo Lestari III desa Popongan di kompleks RP3O.
Setelah pembelajaran ini Kelompok Tani Desa Cengkawak menindaklanjuti dengan praktek pembuatan kompos dan MoL juga praktek lapangan SRI. Selain di desa Popongan dan Cengkawak, di wilayah Kecamatan Banyuurip setidaknya ada 3 desa lain dimana ada petani pelaku SRI Organik yakni di desa Borokulon , Condongsari dan Kledung Karangdalem. Sedang di Desa Popongan saat ini 9 orang petani mempraktekkan SRI Organik dengan luas lahan 1,06 Ha.

1 komentar:

  1. SEMOGA MANFAATNYA BISA SENANTIASA BERMANFAAT UNTUK SEMUA.. BUKAN UNTUK DIMANFAATKAN OLEH SEGELINTIR.. TERUSLAH BERKARYA.. :)

    BalasHapus